Senin, 11 Juni 2012

PENCAIRAN BATUBARA


PENCAIRAN BATUBARA

(Coal Liquefaction)

Oleh :

Harli Talla1 Handra Amijaya2

1 Mahasiswa Program Pascasarjana UGM
2 Dosen Pengampu Mata Kuliah Teknologi Pemanfaatan Batubara 
pada Fakultas Teknik Jurusan Teknik Geologi UGM

SARI
Pencairan batubara (Coal Liqeufaction) adalah proses mengubah wujud batubara dari padat menjadi cair. Proses pencairan batubara dapat dilakukan dengan dua metode yaitu metode langsung dan metode tidak langsung. Pada proses tidak langsung batubara difragmentasi menjadi CO, CO2, H2, dan CH4 yang kemudian direkombinasikan menghasilkan produk cair, prosesnya melalui gasifikasi dan kondensasi. Pada proses langsung batubara cair diproduksi dengan melarutkan dalam suatu pelarut organik lalu dilanjutkan dengan proses hidrogenasi pada suhu dan tekanan tinggi. Proses pencairan batubara sercara langsung dapat dilakukan melalui pirolisis, ekstraksi pelarut dan hidrogenasi katalitik.
Pencairan batubara merupakan teknologi yang menguntungkan untuk ketersedian energi di masa akan karena memiliki kelebihan, antara lain: a) Biaya produksi rendah, pencairan batubara hanya membutuhkan biaya produksi US$ 15 per barrel. b) Solusi untuk pemanfaatan batubara peringkat rendah dengan nilai kalor < 5100 kg/gr. c) Produk minyak yang dihasilkan cukup menjanjikan, dimana 1 ton batubara akan menghasilkan 6.2 barrel sintetis oil. d) Teknologi pencairan batubara lebih ramah lingkungan. Dari pasca produksinya tidak ada proses pembakaran, dan tidak dihasilkan gas CO2. Kalaupun menghasilkan limbah (debu dan unsur sisa produksi lainnya), masih dapat dimanfaatkan untuk bahan baku campuran pembuatan aspal.

Kata Kunci: Pencairan batubara, metode langsung, metode tidak langsung, minyak.

3 komentar:

  1. assalamualaikum pak. sya bleh mntak uraian proses dan flowsheet tntang batu bara? krna mnrut sya, ilmu batu bara itu unik dan harus saya pelajari.
    terimakasih pak.

    BalasHapus